Pesona Kelud Pasca Erupsi

Para pengunjung Gunung Kelud  foto ini saya ambil September 2014
Para pengunjung Gunung Kelud
foto ini saya ambil pada September 2014

Gunung Kelud tak pernah kehilangan data tariknya. Meski letusan terakhir pada Februari 2014 lalu menghancurkan bangunan dan benda-benda di sekitarnya, namun pesonanya menjadi nilai tersendiri bagi para pengunjung. Kelud selalu layak dikunjungi.

Pasca erupsi pada medio Februari 2014 masyarakat sekitar Gunung Kelud sudah menjalani kehidupan mereka lagi, namun sampai sekarang sisa-sisa erupsi dalam radius masih tampak nyata. Ratusan anak tangga yang dulu menjadi jalan menuju kawah Kelud lenyap tertimbun material vulkanik. Pemandangan yang dulu nampak hijau kini tandus.

Tandus dan gersang. ini pemandangan pada akhir 2014 lalu. sekarang mungkin kondisinya sudah mulai menghijau.
Tandus dan gersang. ini pemandangan pada akhir 2014 lalu. sekarang mungkin kondisinya sudah mulai menghijau.

Dengan pemandangan seperti itu, tak lantas membuat Gunung Kelud dicoret dari tujuan wisata. Banyak wisatawan yang berkunjung karena penasaran dengan kondisi Gunung Kelud setelah erupsi. Nita misalnya, gadis asal Malang itu berwisata ke Gunung Kelud untuk membuktikan isu yang beredar tentang lahar yang membentuk tulisan Allah.

 

 

 

IMG_4075

Berwisata ke Gunung Kelud melalui Kediri, wisatawan akan dipersilakan memasuki gedung teater Gunung Kelud terlebih dulu. Pada jadwal yang telah ditentukan, pengunjung akan disuguhi film pendek tentang sejarah, mitos, hingga kondisi Kelud saat ini. Dalam gedung itu juga terdapat foto-foto yang menceritakan Gunung Kelud.

 

Penampakan gedung teaternya dari depan nih..
Penampakan gedung teaternya dari depan nih..

Setelah menonton film tersebut, pengunjung dapat melakukan perjalanan ke atas. Jika Anda tidak membawa kendaraan, Anda bisa menumpang mobil angkutan yang disediakan. Mobil ini akan membawa Anda ke perhentian kedua. Di tempat ini banyak berjejer tukang ojek yang akan mengantar wisatawan untuk naik dengan tarif Rp 10 ribu untuk perjalanan pergi dan pulang. Salah seorang tukang ojek di kawasan wisata Gunung Kelud menuturkan, anggota paguyuban berjumlah lebih dari 100 tukang ojek, dan karena organisasi yang rapi, mereka tidak berebut penumpang. Dalam sehari satu tukang ojek bisa mengantarkan wisatawan sebanyak 20 kali.

Naik mobil ini bagi yg gak bawa kendaraan pribadi, tarrrik maaang.. ! :D
Naik mobil ini bagi yg gak bawa kendaraan pribadi, tarrrik maaang.. ! πŸ˜€

Setelah kurang lebih 1 kilometer jalanan menanjak, tukang ojek akan menurunkan Anda. Erupsi Gunung Kelud yang terakhir membuat medan ke puncak terlalu berbahaya jika menumpang motor. Jika Anda membawa kendaraan roda dua, Anda bisa memarkir kendaraan di perhentian ini dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Butuh usaha dan semangat ekstra untuk sampai di puncak. Tapi semua keletihan akan terbayar begitu melihat lanskap pemandangan Kabupaten Kediri dari β€˜puncak’ Kelud. Puncak ini bukanlah puncak Gunung Kelud yang sesungguhnya, melainkan puncak perjalanan wisatawan. Di sini terdapat pagar kawat dan tulisan yang melarang pengunjung untuk melewati daerah ini. Jalan menuju puncak Gunung Kelud yang sesungguhnya telah tertutup material vulkanik yang masih labil dan rawan longsor.

Jangan melewati pagar pembatas ya vroh..

Jangan melewati pagar pembatas ya, Vroh..

Meski hari telah sore, namun pengunjung yang datang ke tempat ini tetap ramai. Meski sesekali tercium bau belerang, namun para pengunjung betah berlama-lama di puncak ini. Kusno, salah salah seorang pengunjung asal Pare Kediri mengatakan keinginanya untuk melihat Anak Kelud yang telah hilang karena erupsi. Namun, ia harus memendam keinginannya karena sulitnya medan untuk mencapai puncak gunung yang identik dengan legenda Lembu Suro ini.

IMG_4046

Jalan Misteri dan Nanas Madu

Hal paling menarik dari perjalanan ke kawasan wisata Gunung Kelud adalah jalan misteri. Di jalan yang mempunyai panjang 100 meter ini, kendaraan bermotor dapat berjalan sendiri meskipun mesin dimatikan.

jalan misteri ditandai dengan garis-garis putih
jalan misteri ditandai dengan garis-garis putih

Warga sekitar mengaku tidak mengetahui alasan di balik jalan misteri tersebut. Bahkan konon, sebotol air mineral pun bisa menggelinding sendiri meski jalan sedikit menanjak.

Terdapat plang untuk menandai jalan yang misterius ini. Jika Anda ingin merasakan sensasi jalan misteri ini, hentikan mobil Anda tepat di garis putih. Netralkan persneling mobil dan tarik hand rem. Pandang jalan di depan yang merupakan jalan menanjak. Biarkan mesin tetap hidup, persneling tetap netral, dan lepaskan hand rem, dan mobil Anda akan berjalan sendiri.

Selain jalan misteri, nanas madu asal lereng Gunung Kelud juga terkenal enak dan manis. Meski kulitnya masih hijau, nanas sudah bisa dinikmati. Rasanya yang manis dan tekstur buah yang minim serat membuat nanas madu kerap dijadikan pilihan wisatawan sebagai buah tangan.

Nanas madu khas Gunung Kelud
Nanas madu khas Gunung Kelud

 

 

 

 

 

 

 

Ini saya.. πŸ˜€

100_3936
Saya berkunjung kembali ke Gunung Kelud pada November 2014. Bajunya sama kayak pas di kafe Kopi Luwakmas, lha emang habis ngafe langsung ke gunung πŸ˜€

 

100_3866
adem banget di situ..

 

 

 

 

 

 

 

100_3935

100_3948
Di samping jalan misteri

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s