DhonaDhani; Lucu dan Ramah Lingkungan

Jika biasanya stand penjual sepatu memajang produknya dalam rak, berbeda halnya dengan sepatu lukis ‘DhonaDhani’.  Usaha kecil menengah (UKM) yang dimiliki Dhani Iskandar ini tak hanya menggunakan rak sepatu untuk memajang produk, ia juga menggunakan akuarium kecil yang berisi ikan dan produk sepatunya.

Sepatu lukis DhonaDhani
Sepatu lukis DhonaDhani

“Ini untuk membuktikan kalau produk kami tidak luntur dan ramah lingkungan, ikan saja bisa hidup,” ujar Dhani saat ditemui dalam acara grand final dan pameran Pahlawan Ekonomi Surabaya tahun 2015, 23 Agustus lalu.

Perempuan berjilbab itu lantas menceritakan ihwal berdirinya usaha sepatu lukisnya. Dhani memulai usaha dengan berjualan sepatu dan membuat sepatu kulit. Namun, usaha ini harus ditutup. Tak putus asa, dia berjualan sepatu lagi dan membuka toko di Pasar Turi.

Dhani Iskandar, pemilik DhonaDhani
Dhani Iskandar, pemilik DhonaDhani

Kali ini, ia berjualan sepatu sekolah dan sepatu kanvas. Akan tetapi, kebakaran Pasar Turi beberapa tahun silam juga membakar tokonya.
Meskipun tokonya terbakar, bukan berarti semangat Dhani juga terbakar habis. Ia lantas membantu salah seorang teman yang pintar melukis tapi tidak tahu harus melukis pada media apa.

“Saya punya link penjual sepatu, tak kulakno. Dia tidak bisa jual, akhirnya saya yang menjualkan. Saya tidak punya toko, tapi sering ikut pameran. Karya teman saya yang sepasang itu saya masukkan, ternyata peminatnya banyak,” kisah Dhani.

Sejak saat itu ia memberanikan diri memulai usaha menjual sepatu lukis. Ia melukis sepatu dan menjualnya. Tak terlalu sulit bagi ibu dari Dhona ini untuk melukis sepatu, karena ia telah memiliki basic seni sejak dulu. Saat ini DhonaDhani tak hanya memproduksi berbagai macam sepatu lukis, melainkan juga pakaian dan sandal.

Dalam pemasarannya, selain mengikuti pameran, Dhani juga membuka toko di ITC Mega Grosir Surabaya. Dia juga memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan produknya. Dengan strategi marketing seperti ini, DhonaDhani berhasil menjangkau pelanggan di Turki dan Hongkong.

Ketika ditanya omset yang ia dapatkan, Dhani hanya berujar singkat.

“Alhamdulillah, sudah besar. Sungkan saya kalau harus menyebutkan,” katanya sambil tersenyum.

Untuk ke depan, Dhani berencana bisa mematenkan ikon bergambar perempuan berkerudung merah muda dan seorang anak perempuan sebagai ciri khas produknya.

“Tapi mau bikin cerita dulu. Bikin sepatu yang ada ceritanya, buat komik begitu. Jadi, nanti semua orang yang memakai logo DhonaDhani membayar ke kami. Kayak logo Hello Kitty. Semua orang yang memakai logo Hello Kitty harus membayar,” tutur Dhani menjelaskan.

  • Data usaha:
    Nama usaha : Sepatu Lukis ‘DhonaDhani’
    Pemilik : Dhani Iskandar
    Alamat : Dukuh Setro 8A/17 Surabaya – ITC Lt. Ground Blok G5 / 3 – 3A Surabaya
    Telepon : 0853 3083 7000 – 081 703 703 389
    Facebook : Dhona Dhani
    Pin BBM : 74FB7C63
    Line : dhonadhani
    Instagram : dhonadhani2
    Twitter : @dhonadhani2

(ulviyatun ni’mah)

 

Note : Tulisan ini telah dipublikasikan di dalam Majalah Galeria Dekranasda Provinsi Jatim, edisi 26, September – Oktober 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s