Leny Collection; Berkreasi dengan Enceng Gondok dan Pelepah Pisang

Enceng gondok dan pelepah pisang menjadi sumber kreasi yang mengundang rejeki. Itulah yang dilakukan Leny, pengusaha UKM yang beralamat di Jl. Dupak Bangunsari No. 18 Surabaya. Setelah mengikuti berbagai macam pelatihan yang diadakan Bapemas Kota Surabaya, Leny akhirnya memilih enceng gondok dan pelepah pisang sebagai spesialisasinya.

Saat ditemui dalam pameran dan grand final Pahlawan Ekonomi Surabaya tahun 2015 di Balai Kota Surabaya, Leny memamerkan produk tas berbagai ukuran, kotak penyimpan dan beberapa produk lain berbahan enceng gondok dan pelepah pisang. Meski memilih enceng gondok dan pelepah pisang kering, Leny yang memulai usaha sejak tahun 2013 ini juga menerima pesanan sulam pita, rangkaian hantaran, sulam pita, aksesoris manik-manik dan aneka suvenir lain.

“Sebelum usaha ini, saya dulu bikin manik-manik,” kisah perempuan yang menamai usahanya sesuai namanya, Leny Collection.

Produk Leny Collection
Produk Leny Collection

Harga yang dipatok untuk semua produk Leny Collection relatif terjangkau, mulai dari Rp 40 ribu. Harga disesuaikan dengan ukurannya, semakin besar, maka harganya semakin mahal.

Dalam menjalankan usahanya, Leny tidak menemui kesulitan dalam bahan baku. Akan tetapi, ia menemui kendala dalam pemasaran produknya. Selama ini pemasaran produknya baru di Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, ia juga memasarkan produknya di showroom milik Pemkot Surabaya di daerah MERR dan di Carrefour, jaringan ritel milik pebisnis Chairul Tanjung yang juga membimbing pengusaha UKM Pahlawan Ekonomi. Karena kesulitan pemasaran itulah Leny belum berani menyebutkan omset yang ia terima.

Leny, pemilik Leny Collection
Leny, pemilik Leny Collection

“Masih belum, belum banyak,” kata Leny yang juga ibu rumah tangga.

Untuk produksi, dia mengerjakannya sendiri. Jika banyak pesanan, ia memilih untuk memakai jasa teman yang juga ikut pelatihan. “Dibagi sama teman, tapi kami ngongkosi (memberi ongkos),” ujarnya.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan akhir 2015 ini, Leny bertekad meningkatkan kualitas produknya. Ia juga berharap lebih banyak orderan lagi yang ia terima.

  • Data Usaha :
    Nama Usaha : Leny Collection
    Pemilik : Leny
    Alamat : Jl. Dupak Bangunsari No. 18 Surabaya
    Workshop : Jl. Rembang No. 80 Surabaya
    Terima pesanan : Kerajinan enceng gondok, aneka suvenir, aksesoris manik-manik, sulam pita, rangkaian hantaran

(ulviyatun ni’mah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s