Dessert Kekinian; Es Krim Pot dan Es Krim Kuburan Mantan

Satu lagi dessert kekinian nih, es krim pot!

pot n mantan
Penampakan es krim pot dan es krim kuburan mantan

Pertama kali saya tahu ada makanan seperti ini di tivi. Ada liputan tempat makan di sekitar Jabar atau Jakarta, saya lupa, yang menyediakan es krim yang ditempatkan di pot, lengkap dengan tanaman, tanah, dan cacing. Sepertinya enak.

Tapi sekarang saya gak harus ke sana buat cicipin es krim pot. Di Surabaya udah banyak yang jualan. Karena kebetulan tempat saya dekat dengan mall Royal Plaza, akhirnya saya beli di sana.

Saya tau ada yang jual es krim pot di Royal dari instagram. Ketika jalan-jalan ke sana, akhirnya saya cari-cari itu lokasi penjualnya. Di area foodcourt saya tau ada dua gerai yang menjual es krim ini.

Es krim pot yang saya beli letaknya di area foodcourt lantai 3, di sebelah kafe ijen. Saya lupa berapa nomornya.

Di sini menyediakan es krim pot ukuran kecil dan besar, dan es krim kuburan mantan.

pot n mantan 2
Es krim pot lengkap dengan “tanah” dan “cacing”nya.

Es krim pot kecil dihargai Rp 10 ribu, sedangkan yang ukuran besar dihargai Rp 18 ribu. Kalo es krim kuburan mantan hanya satu ukuran, dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Saya yang datang bareng teman sengaja pesan beda-beda. Dia pesan es krim pot ukuran kecil dan saya milih kuburan mantan.

Waktu mbak-nya nyiapin es krim, saya perhatikan. Pertama mbaknya naruh semacam sereal coklat, terus ada marshmallow, sereal warna-warni, terus dikasih 2-3 es krim. Kalo dari refrigeratornya sih merek camp**a. Terus dikasih crumb atasnya. Kalo es krim pot atasnya diberi strawberry beku dan diberi β€˜cacing’ yang sepertinya terbuat dari jelly. Dan kalo es krim kuburan mantan setelah ditaburi crumb, diberi sprinkle yang warna-warni itu sama almond. Dan, yang bikin semakin greget, di pinggir dikasih sendok es krim yang bertuliskan RIP Mantan. Wkwkwkwk.

pot mantan 3
RIP mantan. Wkwkwk.

Kalo rasa es krimnya sih enak. Ya khas es krim merek itu. Tapi yang bikin beda itu topping, campuran, dan cara penataannya.

Selamat ngemil! πŸ™‚

IMG_20151214_090627

*foto-foto makanan di atas diambil oleh Lista, temen saya yang pake baju putih. Waktu itu baterai HP saya habis. πŸ˜€

Iklan

13 thoughts on “Dessert Kekinian; Es Krim Pot dan Es Krim Kuburan Mantan”

  1. Es krim kuburan mantan ini dalemnya juga crunch-nya juga? Ditempatku juga ada, tp blm nyoba. Udah under-estimate duluan, palingan kyak es krim pot, banyak remahannya drpd es krim ny. Hehehe

    Disukai oleh 2 orang

    1. Kalo yg aku beli sih iya mbak, komposisinya sama dengan es krim pot. Yg beda cuma toppingnya aja.
      Sy belum nyoba beli di tempat lain juga sih, buat bandingin. 😁😁
      Terimakasih udah singgah.. πŸ‘πŸ˜Š

      Disukai oleh 1 orang

    1. Beberapa teman saya juga gak tega makan es krim ini, soalnya ada ‘cacing’. Kalo saya sih hajar aja, orang bukan cacing beneran. Hahaha
      Enak atau gak relatif sih mbak. Tapi kalo menurut saya lumayan, tidak terlalu istimewa.
      Emang di daerahnya mbak ayumie gak ada yg jualan es krim ini..?

      Disukai oleh 1 orang

      1. Nggak pernah sengaja jalan buat wisata kuliner. Paling larinya kafe lagi, saya nggak pernah kmana” orgnya, kuper bgt. Mbak.

        Makanya itu es krim unik baru denger. Saya di Bandung, blm tahu tempat kuliner yg enak apalagi tmpat yg jual es krim. πŸ˜€

        Sumpah Mbak, itu cacing beneran jely atau apa, pasti teksturnya kenyel” gimana gitu. Huahh…geli

        Suka

      2. Masaak sih mbak? Padahal bandung (katanya) surga kuliner loh.. πŸ˜…πŸ˜…
        Saya kalo kafe kurang suka mbak, kurang suka harganya. Huahahahaha. Paling sekali2 aja ngafe, kalo pas dompet tebel atau ditraktir temen. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
        Sukanya itu nyobain makanan baru, enak, dan murah. Hihihihi
        Iya, itu jeli mbak, rasanya ya kayak jeli.. Kenyal biasa aja. Gak kayak cacing sih (meski sy belum pernah makan hewan itu), hihihi
        Hayuk deh mbak segera berkuliner, nanti saya tungguin review-nya ya.. πŸ˜„πŸ˜„

        Disukai oleh 1 orang

      3. Memang surganya. Cuma suami yang kadang gak niat buat cari makanan yg unik, meski doyan bgt makan. Suami saya keberatan, katanya saya cuma icip” doang. -___- makanan mah sama aja.

        Hm, iya yak kaya saya pernah makan cacing aja. Liat bentuknya aja beneran kaya cacing. Jdi kepikiran πŸ˜€

        *cek dompet* buakakakakaa…

        Suka

      4. Berarti sebelum berkuliner, cari rekomendasi dulu aja mbak. Kalo banyak yang ngomong enak, berarti emang beneran enak itu.. Biar gak diicip terus dilepeh.. Itung2 nanti juga jadi inspirasi bereksperimen di dapur juga.. πŸ˜‚πŸ˜‚

        Disukai oleh 1 orang

      5. Buakakaka diicip terus di lepeh, jdi inget telor orak-arik yg sya buat. Itu sya pake garem satu sendok teh untuk dua telur. Asin bgt loh mba. Keterlaluan blo’on nya kalau mamah sya bilang. -_-

        Iya benerbener, hahahaiii..

        Suka

      6. Wkwkwkekek.. Ya jelas asin mbak.. Kalo saya make sejumput garam atau sepucuknya sendok teh buat 1 telur mbak.. Itu buat saya yang suka asin. Kalo satu sendok teh buat 2 telur sih kayaknya itu jadinya gak asin, tapi pahit. Hihihihi
        Semoga besok sukses bikin telur mata sapi ya mbak.. Semangatt.. πŸ™ŒπŸ™Œ

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s