Surga Tersembunyi di Okinawa

Tempat menarik yang wajib dikunjungi saat ke Jepang tidak hanya Tokyo, Kyoto, dan Osaka saja, loh. Tiga kota itu memang menjadi kota besar yang paling banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan luar negeri. Tapi, tahukah kamu? Ada banyak tempat menarik lainnya yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Negeri Sakura ini. Salah satunya, Prefektur Okinawa.

Okinawa menjadi prefektur yang ada di bagian paling selatan Jepang dan mempunyai ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu. Prefektur yang beribukota Naha ini mempunyai banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Check this out!

  • Pasir Bintang di Pantai Pulau Iriomote

Jika biasanya pantai dipenuhi orang yang berjemur dan berenang, di sini banyak pengunjung yang berjongkok memeriksa pasir. Pasir di sini memang beda dari pada yang lain. Ya! Pasir di sini berbentuk seperti bintang, yang dalam bahasa Jepang disebut hoshizuna yang berarti pasir berbentuk bintang.

j-cul
Pantai yang indah.

Konon, hoshizuna adalah tulang-tulang mungil dari keturunan bintang Salib Selatan dan bintang Utara yang dibunuh oleh ular raksasa tepat setelah dilahirkan di laut. Namun, menurut ilmu pengetahuan, hoshizuna adalah fosil makhluk mungil dari laut yang hidup 550 juta tahun yang lalu bernama Foraminifera.

Waktu terbaik untuk menemukan pasir ini sesaat setelah badai terjadi. Saat badai, ombak lautan yang besar mengangkat fosil Foraminifera ke permukaan lautan. Ombak lalu menghempaskan fosil itu di daratan pantai. Hasilnya, pantai Pulau Iriomote bertaburan pasir berbentuk bintang-bintang kecil. Jika melihat cukup dekat, mungkin kamu akan menemukan beberapa yang masih hidup!

  • Snorkeling di Pulau Aragusuku

Pulau Aragusuku memiliki air yang sangat jernih dan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Banyak terumbu karang cantik dan biota laut yang unik. Tak heran jika pantai di pulau ini dinobatkan sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia

aragusuku
Bening

Pulau ini terdiri dari dua pulau terpisah, Kamiji dan Shimoji, yang dihubungkan dengan kumpulan karang. Saat air surut, kamu dapat berjalan di antara dua pulau itu. Karena itulah, orang lokal menyebut pulau ini dengan Panari, yang berarti ‘terpisah’. Di antara kedua pulau itu, hanya Kamiji yang dihuni. Itu pun hanya beberapa keluarga. Sementara Pulau Shimoji dijadikan padang rumput sapi.

Aragusuku terletak tepat di sebelah Iriomote Island. Satu-satunya cara untuk sampai ke pulau-pulau ini adalah melalui tur pribadi. Pulau Aragusuku memiliki terumbu karang yang sangat indah dan terjaga baik untuk snorkeling serta desa yang menarik untuk dikunjungi.

  • Akuarium Churaumi Okinawa

Kekayaan laut Okinawa tak hanya bisa kamu nikmati dengan snorkeling atau menyelam. Kamu juga bisa mengunjungi Akuarium Churaumi Okinawa. Churaumi sendiri adalah bahasa daerah Okinawa, Chura yang berarti indah, dan umi artinya laut. Akuarium ini juga menjadi akuarium terbesar kedua di dunia setelah akuarium Georgia di Atlanta.

chu

Di sini kamu bisa menikmati kekayaan laut Okinawa di setiap musim. Akuarium ini memamerkan kehidupan biologi laut di terumbu karang, laut dalam, dan arus Kuroshio yang mengalir melintasi Kepulauan Jepang. Kamu bisa melihat ikan hiu paus, pari raksasa, dan lebih dari 70 spesies ikan lainnya. Di sini juga terdapat 800 jenis koloni karang serta ikan khas Okinawa. Di luar akuarium kamu juga masih bisa melihat pertunjukan lumba-lumba, penyu laut dan banyak spesies lainnya.

chu 2
Berbagai macam spesies ikan

Di akuarium Churaumi ini kamu juga bisa mengunjungi Museum Budaya Kelautan dan kebun botani Tropical Dream Center. Museum Budaya Kelautan memamerkan lebih dari 1000 benda-benda yang merupakan bukti hubungan erat antara manusia dan laut. Sedangkan Tropical Dream Center adalah kebun bunga dan buah tropis yang merupakan bagian dari kebun botani tropis dan subtropis di Taman Ocean Expo. Menarik sekali, bukan?

  • Istana Shurijo

Okinawa juga kaya akan peninggalan sejarah, salah satunya Istana Shurijo. Selama 450 tahun sejak abad ke-15, Istana Shuri dipakai sebagai istana kerajaan dan pusat administrasi Kerajaan Ryukyu. Istana ini merupakan pusat perdagangan Ryukyu dengan negara asing, sekaligus pusat budaya, ekonomi, dan politik Kepulauan Ryukyu.

istana shuri
Istana Shurijo

Pada Pertempuran Okinawa 1945, istana yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco ini hancur akibat serangan Sekutu. Hanya beberapa tembok setinggi beberapa puluh sentimeter yang tersisa seusai perang. Pada tahun 1992, istana ini dibangun kembali di lokasi semula berdasarkan foto dan catatan sejarah. Istana ini berlokasi di Naha dan mudah dijangkau menggunakan bus atau mobil dari pusat kota.

  • Jalan Kokusai

Puas berjalan-jalan, saatnya beli omiyage, alias oleh-oleh. Untuk mendapatkan karya seni khas Okinawa kamu bisa menuju jalan Kokusai-dori. Jalan ini adalah jalan utama di Okinawa yang terletak di pusat Kota Naha. Daerah ini memiliki panjang 16 km (1 mil), yang juga disebut dengan ‘1 mil Keajaiban’.

kou
Kokusai-dori

Di sini kamu bisa membeli beragam karya seni lokal Okinawa sekaligus merasakan sejarah Okinawa sambil menelusuri jalan ini. Di sepanjang jalan ini terdapat lebih dari 150 toko yang menjual suvenir dan restoran yang cuma bisa ditemukan di Okinawa.

Suvenir khas Okinawa yang bisa kamu bawa pulang antara lain gelas ryukyu dan shisa. Gelas ryukyu dikenal memiliki warna-warna indah serta motif unik pada kacanya sehingga memiliki nilai seni tinggi. Sedangkan shisa adalah patung yang menyerupai separuh singa dan separuh anjing. Sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli shisa berukuran mini dengan berbagai ekspresi.

shisa
Shisa lucu

Semua hal menarik itu akan melengkapi liburan kamu ke Okinawa. Kalau kamu mau liburan dan ingin liburanmu memuaskan, serahkan saja urusan berwisatamu ke ahlinya, H.I.S travel. Travel satu ini tidak hanya melayani tur untuk grup saja, tapi juga melayani kamu yang tidak ingin pergi rame-rame, alias individual. HIS juga mempermudah perjalanan kamu dengan tujuan domestik maupun internasional, loh! Gak percaya? Cek facebook-nya di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia deh.

Khusus ke Jepang, H.I.S berkolaborasi dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik plus hotel dengan harga yang murah meriah berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Liburan tak hanya menyenangkan tapi juga gak bikin kita ribet. Tunggu apa lagi? Yuk, segera kemasi koper dan paspor!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s